-->

Like This !

ads here

Pengertian Page Rank

advertise here


Pengertian dasar pagerank sendiri adalah sebuah algoritma mesin pencari buah karya Larry Page dan Sergey Brin ( pendiri google ) yang digunakan untuk memilih website berdasarkan tingkat pentingnya website tersebut dengan mengacu pada link dari website lain yang menaut ( memberi Backlink ) ke website tersebut.
Jadi intinya sebuah situs akan semakin populer jika banyak situs lain yang memberi backlink yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. Misal : Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan menempati hasil pencarian lebih awal daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 atau yang lebih kecil.
Skala PageRank sendiri memiliki tingkatan dari 1-10 yang berarti semakin banyak semakin bagus. Contoh situs yang memiliki Pagerank tinggi adalah youtube dan adobe.com. kedua situs ini memiliki pagerank 9.

Konsep Pagerank

Mungkin anda mengenal Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari website dengan memasukkan Meta Keywords dan Meta Description yang bisa dicurangi dengan halaman khusus yang di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages.
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses perhitungan ranking akan terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web lain yang memberi backlink ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Karena itu lebih baik mencari backlink yang berkualitas, karena walaupun sedikit tapi dampaknya akan lebih terasa di ranking.

Algoritma Pagerank

Konsep pagerank diatas sebenarnya merupakan penjabaran dari Algoritma berikut :

Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

PR(A)     : Pagerank halaman A
PR(T1)   : Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
C(T1)      : jumlah link keluar (outbound link) pada halaman
T1 d         : damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
N              : jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google) 
Dari algoritma di atas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.
Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”.
Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A. ( Wikipedia ).
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()